Ulasan 2: Round Robin - CPU Scheduling

Tulisan ini merupakan ulasan terhadap video dari channel YouTube Mifta Sintaha yang berjudul "Round Robin - CPU Scheduling" yang dapat diakses melalui tautan berikut: https://youtu.be/3N2t9_6Co3U. Video yang berdurasi 9 menit 4 detik ini diunggah pada 19 November 2014 dan sudah ditonton setidaknya sebanyak 172,824 kali pada saat ulasan ini ditulis.
 
Video ini menjelaskan tentang konsep dan logika sederhana dari scheduling round robin. Algoritma Round Robin sendiri merupakan proses scheduling yang menjalankan sebuah proses berdasarkan time quantum yang dimiliki dan menyelesaikan proses dalam satu kali eksekusi maksimal sebesar time quantum yang ada. Jika terdapat sisa pada burst time sebuah proses maka proses tersebut akan dijalankan berdasarkan antrian yang sudah berjalan. Proses round robin akan terus berulang sampai semua proses menyelesaikan burst timenya

Pada video yang dibuat oleh Miftah Sintaha tentang algoritma round robin ini memiliki penjelasan yang sudah cukup jelas dan mudah dimengerti. Adanya contoh yang divisualisasikan selama penjelasan pada video ini juga membantu kita memahami dengan mudah algoritma round robin. Namun sayangnya penjelasan teoritis seperti pengertian algoritma round robin tidak di visualkan dan hanya dijelaskan secara lisan. Video ini sudah sangat baik, namun jika penjelasan mengenai algoritma round robin juga divisualisasikan seperti pemberian contohnya maka video ini akan menjadi lebih baik lagi.

Github Account : dipoa
URL Ulasan :
https://dip-os.blogspot.com/2017/11/ulasan-2.html
URL Video : https://youtu.be/3N2t9_6Co3U
Video Author : Mifta Sintaha
Pemetaan: week08
Revisi Pertama: 30 November 2017
Revisi Terakhir: 30 November 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANKING08 ​ULASAN​ ​PESERTA​ ​OS​ ​2017-2

RANKING10 ​ULASAN​ ​PESERTA​ ​OS​ ​2017-2

ULASAN 1: HOW RAID WORKS - Choosing between RAID 0, RAID 1, RAID 5, RAID 6 OR RAID 10